Senin, 01 Oktober 2012

PRINSIP USABILITY


Prinsip Usability
 Human Ability
 Human Capabilities
   Memori
   Proses
   Observations
 Problem Solving



HUMAN ABILITIES
¾ BAIK
-   Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
-   Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
-   Kemampuan memahami tinggi
-   Mekanisme konsentrasi powerful
-   Pengenalan pola pikir powerful

¾ BURUK
-   Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
-   Durasi STM terbatas
-   Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
-   Proses yang cenderung salah
-   Proses yang lambat



HUMAN CAPABILITIES
Faktor manusia ini harus diperhatikan, karena dari sinilah desain yang lebih baik didapatkan.


User perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang :
ƒ   Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
ƒ   Proses informasi
ƒ   Sistem Motor


PENGLIHATAN / INDRA MATA (VISION)


Lihat gambar 1.1



Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap :
     Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
     Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut


a. Kemampuan Penglihatan
   Sensivitas
Luminance  :  jumlah  cahaya  yang  dipantulkan  oleh  permukaan objek, dengan ukuran 10-6 107 mL


   Ketajaman
-   Visual acuity : kemampuan manusia melihat objek secara detail
-     Sudut pandang (visual angle) : besarnya ruang pandang yang digunakan  objek   derajat  (degree)  /  minutes  of  arc
1 derajat = 60 minutes of arc


Lihat gambar 1.2


   Pergerakan
-     Pola    visual    dari    kata    direkam        di-dekoding    menurut representasi bahasa pemrosesan bahasa meliputi analisis sintaks dan semantik terhadap frase dan kalimat
-   Mata bergerak terhadap teks regression
 Kemampuan membaca akan berkurang atau menurun karena usia. b. Warna
 Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation
 Hue panjang gelombang spektrum cahaya
 Intensitas brightness dari warna
 Saturation jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna
    Masalah  persepsi  warna  pada  cones  (sel  pada  selaput  retina yang sensitif terhadap warna) dan ganglion (simpul syaraf)
 380 (blue) ~ 770nm (red)
 Radiasi  dalam  spektrum  (panjang  gelombang  cahaya)  adalah
400 700 nm



PENDENGARAN (HEARING)
    Sistem     auditory     memiliki     kapasitas     sangat     besar    untuk mengumpulkan informasi lingkungan sekitar.



    Dapat   mendengar   objek   apa   saja   yang   ada   di   sekitar   dan memperkirakan kemana objek tersebut akan berpindah


Pemrosesan suara
 Suara memiliki beberapa karakteristik, yaitu :
-   Pitch : frekuensi suara (20 20.000 HZ)
-   Loudness : amplitudo suara (30 100dB)
-   Timbre : tipe atau jenis suara


    Sistem  auditory  melakukan  filtering  suara   kita  mengabaikan suara background dan berkonsentrasi pada informasi yang penting



PERABA (TOUCH)
    Manusia  menerima  stimuli  melalui  kulit.  Kulit  memiliki  tiga  jenis sensor penerima (sensory receptor), yaitu :
9 Thermoceptor       merespon panas / dingin
9 Nociceptor       merespon pada tekanan yang intens, rasa sakit
9 Mechanoceptor          merespon pada tekanan
IMK


    Keyboard bisa dikaitkan dengan posisi-posisi bentuk tombol, juga pengoperasian yang memerlukan penekanan, ada yang berat atau malah terlalu ringan.



PROSES INFORMASI


Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :
1. Perseptual
-   Menangani sensor dari luar
-     Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari indera manusia
-   Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)


2. Kognitif : memproses hubungan keduanya


3. Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan, kekuatan)



MEMORI
    Memori    menyimpan    pengetahuan    faktual    dan    pengetahuan prosedural.



Memori sensor
Iconic Echoic haptic

Short Term Memory (STM) or Working Memory

Long Term Memory (LTM)




Atensi                     rehearsal
(Pengulangan)


Gambar 1.3.  Model Struktur Memori Manusia


 Terdapat 4 tipe memori :
1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
-   Terbatas kapasitasnya.
-     Informasi  yang  masuk  melalui  indera  tidak  semua  dapat diproses.


2. Short Term Memory (STM)
-     Memori  kerja  menyimpan  informasi  yang  dibutuhkan  dalam waktu yang singkat / sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
-     Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
-     Metode    digunakan    untuk    mengukur    kapasitas,    yaitu berdasarkan :
a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak. Untuk mengukur berdasarkan metode yang pertama :
0       7       1       6       7       6       9       1       5       3

¾ G.A. Miller : 7 +/- 2 ( dari 5 hingga 9) digit

0  7  1
-      6  7  6
-      9  1  5  3  telepon
(area)
(distrik)
(nomor)



¾ Kelompok-kelompok digit = Chunk
HEC  ATR  ANU  PTH  ETR  EET sekumpulan chunk


Informasinya  :  dengan  memindah  karakter  akhir  ke  posisi awal, urutan tersebut akan mudah direcall.


THE  CAT  RAN  UPT  HET  REE   THE  CAT  RAN  UP THE TREE

¾  Bentuk yang sukses dari chunk dikenal dengan CLOSURE.
Proses ini digeneralisasi ke penyelesaian tugas yang ada di STM. Jika subjek gagal untuk melakukan atau ada interferensi maka subjek akan kehilangan jejak dari apa yang telah dikerjakannya dan terjadi kesalahan.


Untuk  mengukur  kemampuan  untuk  mengingat    item    secara acak lebih mudah mengingat item yang baru ( recency effect)

3. Intermediate
Menyimpan untuk ke LTM


4. Long Term Memory (LTM)
-     Penyimpanan  utama  untuk  informasi  faktual,  pengetahuan berdasarkan  eksperimen  /  pengalaman,  aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb.
-     Kapasitasnya  lebih  besar,  waktu  akses  yang  lebih  lambat, serta proses hilangnya informasi lebih lambat.


Terdapat dua jenis LTM :
a. Memori    Episodik    :    menyimpan    “data”    kejadian    atau pengalaman dam bentuk serial menurut waktu.
b. Memori Semantik : menyimpan  record-record  fakta, konsep, keahliaan (skills) serta informasi lain yang diperoleh selama hidup dengan terstruktur.


Pemrosesan Memori Jangka Panjang
 Aktivitas :
-   Menyimpan atau mengingat informasi
-   Menghilangkan atau melupakan informasi
-   Memanggil kembali informasi



 Tersimpan karena pengulangan (rehearsal)
    Ebbinghaus jumlah yang dipelajari berbanding lurus dengan waktu mempelajarinya = total time hypothesis
    Proses melupakan informasi : decay   karena sudah lama berada di LTM sehingga lambat laun akan terlupakan + interference karena adanya informasi baru yang lama terlupakan.
    Proses memanggil kembali informasi : recall memanggil kembali   secara   langsung   informasi   +   recognition    presentasi sejumlah pengetahuan (knowledge) yang terkait sebagai petunjuk.



PENYELESAIAN MASALAH


 Setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan
    Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia.


Reasoning terdiri dari :
     Deduktif
-   Menarik kesimpulan secara logika dari premis yang diberikan
-   Jika A, maka B
-     Sangat    buruk    untuk    mengkonfirmasikan    validitas    dan kebenaran


Contoh :
If it is Friday then she will go to work
It if Fridy
Therefore she will go to work


If it raining then the ground is dry
It is raining
Therefore the ground is dry


     Induktif
-     Men-generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang hal baru



-     Meskipun  induksi  mungkin  tidak  dapat  diandalkan  namun merupakan proses yang berguna
-     Induksi mengakibatkan manusia senantiasa belajar mengenai lingkungan


     Abduktif
-     Penalaran  dari  sebuah  fakta  ke  aksi  atau  kondisi  yang mengakibatkan fakta tersebut terjadi
-   Metode ini digunakan untuk menjelaskan event yang kita amati
-     Mungkin  tidak  dapat  diandalkan,  namun  manusia  seringkali menerangkan sesuatu hal dengan cara seperti ini, dan mempertahankan hingga ada bukti lain yang mendukung penjelasan atau teori alternatif

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Deja Area | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑